Panduan ini merupakan contoh/ilustrasi dari transaksi Uang Muka/Down Payment Pembelian secara partial.
Contoh : Pada tanggal 1 April 2016 Tuan X memesan Item A sebanyak 100 unit @100.000 dan membayar uang muka pembelian ke pemasoknya senilai Rp 10.000.000. Tanggal 5 April item A tsb diterima sebanyak 30 unit dan di tanggal 5 April 2016 juga sudah dibuatkan penerimaan barang dan faktur pembeliannya. Uang muka di alokasikan sebesar 30 % pada saat penerimaan barang A sebanyak 30 unit. Selanjutnya di tanggal 10 April diterima 70 % item A dan sudah dibuatkan juga penerimaan barang dan faktur pembelian sebanyak 70 unit.
Jika seperti itu langkah penginputan di ACCURATEnya adalah :
1.Klik menu Pembelian | Pesanan Pembelian | Pada kolom pemasok, masukkan nama vendornya | Klik kolom cari/pilih barang & jasa | Pilih nama barang dan masukkan kuantitas serta harga | Kemudian simpan.
- Selanjutnya ke menu Pembelian | Uang muka pembelian | Di kolom pemasok, masukkan nama pemasoknya | Pada kolom nomor# kita pilih nomor Pesanan Pembelian yang telah dibuat sebelumnya | Simpan.

- Saat Vendor tersebut mengirimkan barang kepada Tuan X sebanyak 30 unit di tanggal 5 April 2016, maka di ACCURATEnya kita bisa catat dari menu Pembelian | Penerimaan barang | Klik ambil | Klik Pesanan | klik pilih/cari lalu pilih nomor pesanan pembeliannya | klik lanjut | klik kuantitas item, kemudian ganti kuantitas nya menjadi 30 (sesuai dengan barang/item yang diterima).

- Dari transaksi Penerimaan barang | Klik Faktur | selanjutnya klik DP | klik pilih/cari | pilih transaksi DP | Uang muka di ganti dari Rp 10.000.000 menjadi Rp 3.000.000 (sesuai dengan persentase barang yang kita terima, yaitu baru di terima 30%).

- Saat Vendor tersebut mengirimkan barang kepada Tuan X sebanyak 70 unit di tanggal 10 April 2016, untuk pencatatannya bisa masuk dari menu Pembelian | Penerimaan barang | klik ambil | klik Pesanan | klik pilih/cari Pesanan Pembelian | klik lanjut | Nanti kuantitas item yang muncul disana otomatis menjadi 70 pcs (sebesar sisanya), karena di tanggal 5 april sudah di terima sebanyak 30 pcs.

- Selanjutnya dari penerimaan barang klik faktur | klik tab DP | klik pilih/cari | klik lanjut | maka otomatis kuantitas menjadi 70 pcs dan DP sebesar 7.000.000 (70%).

Keunggulan Layanan FAC Institute
- Respon Cepat dan Fleksibel
Kami menawarkan layanan premium dengan respon cepat untuk membantu menyelesaikan kendala Anda kapan saja dan di mana saja. Dukungan diberikan melalui chat, telepon, hingga kunjungan langsung ke perusahaan. - Tim Profesional dan Berpengalaman
Kami memiliki tim technical support berpengalaman yang siap memberikan solusi komprehensif, baik secara online maupun onsite. - Admin Support Pribadi
Admin khusus akan membantu kebutuhan bisnis Anda, termasuk troubleshooting kendala penggunaan Accurate secara eksklusif.
FAC Institute hadir sebagai mitra training Accurate terpercaya untuk menjawab kebutuhan bisnis Anda. Dengan modul lengkap dan layanan terbaik, Anda dapat mengelola pembukuan dengan lebih mudah, efisien, dan profesional.
Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi gratis dan nikmati layanan premium kami! Mari tingkatkan pengelolaan bisnis Anda bersama FAC Institute.

Cek harga training accurate di halaman training kami
Info lengkap training software akuntansi accurate baik accurate online maupun desktop di FAC-Institute > Training